Kegiatan Kesenian dan Olahraga

Kegiatan kesenian dan keolahragaan merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler di Bagian Ilmu Kesehatan Anak (IKA) FK UNS-RS Dr. Moewardi. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan utama rekreasi dan beberapa bentuk kegiatan kesenian yang dapat ditampilkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan internal maupun eksternal bagian IKA. Kegiatan kesenian saat ini antara lain paduan suara dan tari saman. Sedangkan kegiatan keolahragaan saat ini adalah bulu tangkis.

Kegiatan kesenian berupa paduan suara diikuti oleh seluruh peminat olah vokal di bagian IKA. Latihan olah vokal dilakukan secara reguler dan latihan olah vokal paduan suara dilakukan secara intensif pada waktu tertentu untuk mempersiapkan suatu performa dalam suatu acara bagian IKA yang bersifat ilmiah maupun nonilmiah. Paduan suara yang diberi nama “Voca Pediatrica” ini mendatangkan pelatih khusus sehingga dapat benar-benar menghasilkan suatu tampilan yang memuaskan sekaligus akan menyenangkan bagi para peminatnya. Paduan suara ini pernah tampil pada acara halal bihalal IDAI Cabang Jawa Tengah di Purwokerto, acara Lepas Sambut PPDS IKA, dan sebagainya.

Kegiatan ekstrakurikuler kesenian lain adalah kegiatan tari saman. Tari saman merupakan suatu tarian dengan irama ritmik cepat yang memerlukan kesabaran, kekompakan, dan ketelitian. Hal ini dapat dilakukan oleh para residen bagian IKA yang ikut serta di dalamnya. Latihan tari saman juga akan dilaksanakan secara intensif jika memang diperlukan untuk tampil, misalnya dalam acara ulang tahun RS Dr. Moewardi, kegiatan lepas sambut PPDS IKA, dan lain-lain. Kemampuan para residen IKA yang merupakan peminat di ekstrakurikuler tari saman menunjukkan kecepatan bergerak dan kekompakan dalam bekerja yang tercermin di dalam kegiatan ini.

Kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis rutin dilaksanakan setiap hari Selasa. Kegiatan ini bertujuan utama sebagai penyegaran dan meningkatkan keakraban di antra para residen. Tujuan utama dari kegiatan ini bukan untuk kompetisi tetapi untuk penyegaran. Walaupun ada beberapa peserta yang memang bisa bermain bulutangkis dengan baik dan dapat diajukan sebagai perwakilan apabila memang ada kompetisi bulutangkis.

Kategori Berita: