Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

Evaluasi 3 Bulan Tahap Senior Bulan Agustus 2019

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Madya Bulan Agustus 2019

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Agustus 2019 tahap Madya yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 diikuti oleh 18 PPDS tahap Madya dan dievaluasi oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Junior Bulan Agustus 2019

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Agustus 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2019 tahap junior diikuti oleh 9 PPDS tahap junior dan dievaluasi oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

Workshop Kurikulum " Hiponatremia pada Endokrin dan Terapi Cairan pada Anak"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema " Hiponatremia pada Endokrin dan Terapi Cairan pada Anak" yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Annang Giri Moelyo, Sp.A(K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Endokrinologi dan dr. Sri Martuti, Sp.A(K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Emergensi dan Rawat Intensif Anak di Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS.

Workshop Kurikulum "Stabilisasi dan Resusitasi Neonatus"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema "Stabilisasi dan Resusitasi Neonatus" yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Andhika Trisna Putra, Sp.A yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Neonatologi di Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Workshop Kurikulum "Pediatric Nutrition Care"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema "Pediatric Nutrition Care" yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Sandi Nugraha, Sp. A yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik di Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak yang terdiri dari PPDS semester 1 - 4 (Tahap Junior - Tahap Madya).

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT) Agustus 2019

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 3-4 Agustus 2019 bertempat di Palembang. Peserta ujian sebanyak 65 orang PPDS yang terbagi menjadi 2 gelombang.
Terdiri dari 12 Universitas antara lain:
1. USU (Universitas Sumatera Utara) Medan
2. UNAND (Universitas Andalas) Padang
3. UNPAD (Universitas Padjajaran) Bandung
4. UI (Universitas Indonesia) Jakarta
5. UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang
6. UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo
7. UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta

MATERI SIMPOSIUM PKB IX IKA SOLO 2019

PKB IKA IX Solo 2019 telah selesai diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Juli 2019. Sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih kami, berikut terlampir materi simposium yang dapat diunduh oleh kalangan medis agar dapat digunakan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk anak Indonesia. Sampai jumpa di PKB IKA X Solo tahun depan.

PKB IKA IX "UPDATE ON CLINICAL PRACTICES : FROM THE FIRTS 1000 DAYS OF LIFE TO ADOLESCENT"

PKB IKA IX "UPDATE ON CLINICAL PRACTICES : FROM THE FIRTS 1000 DAYS OF LIFE TO ADOLESCENT" yang diadakan pada tanggal 27 - 28 Juli 2019 yang bertempat di The Sunan Hotel Solo yang diadakan selama 2 hari. Kegiatan simposium dan workshop yang diselenggarakan setiap tahun oleh Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK UNS / RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan terakreditasi IDI dan IDAI. Pembicara acara simposium dan workshop merupakan dokter-dokter dan pakar yang ahli di bidangnya.

Kuliah Tamu : Brain Development, Cognition & The Role of Phospholipids

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Rabu, 17 Juli 2019 yang disampaikan oleh Prof. Nora Schneider. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak. Kuliah tamu dengan tema Brain Development, Cognition & The Role of Phospholipids. Kegiatan berlangsung dari pukul 11.00 sampai dengan selesai dan berlangsung dengan lancar.

MCQ NASIONAL JULI 2019

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Rabu tanggal 3 Juli 2019 mengikuti ujian MCQ Nasional Bulan Juli 2019. Ujian diikuti oleh 51 PPDS yang terdiri dari 12 PPDS tahap Junior, 15 PPDS Tahap Madya dan 24 PPDS Tahap Senior. Terdapat 3 PPDS yang sedang stase di RS Mitra (RS Rembang, RS Blora dan RS Cepu) dan 3 PPDS yang sedang cuti melahirkan ikut juga melaksanakan ujian dalam waktu yang bersamaan dan jawabannya dikirimkan lewat email. MCQ Nasional dilaksanakan 4 kali setiap tahun yaitu Bulan Januari, April, Juli dan Oktober

EN LOKAL PPDS IKA Juli 2019

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal yang diadakan pada tanggal 1 - 2 Juli 2019. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain OSCE Lokal yang diadakan pada tanggal 1Juli 2019 dan Ujian Long Case EN Lokal yang diadakan pada tanggal 2 Juli 2019. Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 7 PPDS yaitu :
1. Febry Dwi Indrawati, dr
2. Cempaka Kesumaningtyas, dr
3. Tatag Nurhidayat, dr
4. Galih Herlambang, dr
5. Lucky Yogasatria, dr
6. Rekno Widati, dr
7. Ahimsa Yoga, dr

EN LOKAL TAHAP 1 PPDS IKA JUNI 2019

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal Tahap 1 yang diadakan pada tanggal 17 - 20 Juni 2019. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 1 PPDS yaitu :
1. Febry Dwi Indrawati, dr
2. Cempaka Kesumaningtyas, dr
3. Tatag Nurhidayat, dr
4. Galih Herlambang, dr
5. Lucky Yogasatria, dr
6. Rekno Widati, dr
7. Ahimsa Yoga, dr

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT) Mei 2019

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 3-4 Mei 2019 bertempat di Jakarta. Peserta ujian sebanyak 70 orang PPDS. Terjadwal untuk hari pertama dilaksanakan ujian OSCE dengan 8 soal yang terdiri dari 4 soal prosedur dan 4 soal response. Hari kedua dilanjutkan dengan ujian Long Case dengan penguji sebanyak 3 orang. Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS mengirimkan 1 kandidat peserta ujian ENT yaitu dr. David Anggara Putra yang dinyatakan lulus.

OSCE Tahap Pengayaan

Tanggal 29 April 2019 diadakan OSCE Tahap Pengayaan yang diikuti oleh 6 orang PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak yang masih dalam tahap pengayaan. OSCE dilaksanakan 4 station dengan waktu per station selama 5 menit yang didampingi oleh 6 staff pengajar. Setelah selesai diadakan feedback oleh staf pengajar.

3RD INDONESIAN PEDIATRIC NUTRITION AND METABOLIC UPDATE (NUTRIMET)

3RD Indonesian Pediatric Nutrition and Metabolic Update (NUTRIMET) 2019 yang diadakan pada tanggal 27 - 28 April 2019 yang bertempat di Solo Paragon Hotel, Solo dengan tema " All about Controversies in Nutrition and Metabolic". NUTRIMET yang diadakan selama 2 hari dengan agenda sebagai berikut :
Day 1 : - Good Feeding Practice to Promote Normal Growth
- Diagnosis Pathway for Neurometabolic in IEM 2019
- Complimentary Feeding
Day 2 : - How to Detect and Manage Growth Deceleration

Best Poster in The 2nd ASIAN PEDIATRIC MECHANICAL VENTILATION FORUM (APMVF) 2019

The 2nd ASIAN PEDIATRIC MECHANICAL VENTILATION FORUM (APMVF) 2019 yang diadakan di Sunan Hotel, 21 - 24 Maret 2019. Kegiatan yang terdiri dari Pre Congress Workshop yang diadakan pada tanggal 21- 22 Maret 2019. Salah satu PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak dr. RR Dewi Sitoresmi memenangkan Best Poster dengan judul Fluid overload and prolonged mechanical ventilation in children admitted to Pediatric Intensive Care Unit Dr. Moewardi General Hospital .

Pages