Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Penyakit Infeksi

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asih Asuh" yang diadakan pada hari Kamis, 26 Maret 2020 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Penyakit Infeksi. Narasumber adalah dr. Husnia Auliyatul Umma, Sp.A, M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Infeksi dan Penyakit Tropis.

EN LOKAL PPDS IKA MARET 2020

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal Tahap I yang diadakan pada tanggal 12 Maret 2020. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 2 PPDS yaitu :
1. Masayu Lubna Anniazi, dr
2. Nunki Andria, dr

Batuk Pada Anak

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asih Asuh" yang diadakan pada hari Kamis, 12 Maret 2020 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Batuk Pada Anak. Narasumber adalah dr. Ismiranti Andarini, Sp.A, M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Respirology.

A-Z tentang Bayi (All about Neonatus)

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asih Asuh" yang diadakan pada hari Kamis, 27 Februari 2020 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik A-Z tentang Bayi (All about Neonatus). Narasumber adalah dr. Dwi Hidayah, Sp.A(K), M. Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Neonatologi.

A-Z Tentang Kesehatan Anak

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asih Asuh" yang diadakan pada hari Kamis, 13 Februari 2020 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik A-Z Tentang Kesehatan Anak. Narasumber adalah dr. Hari Wahyu Nugroho, Sp.A(K), M. Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Pediatrik dan tumbuh kembang.

UNS Peduli Bencana

Dalam Rangka melaksanakan tugas dalam UNS Peduli Bencana Tahap III pada tanggal 25 Januari - 3 Februari 2020 di Bogor. Tim yang berasal dari UNS terdiri dari beberapa orang antara lain berasal dari PPDS, Bakorlak SAR UNS dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS. Salah satu PPDS Ilmu Kesehatan Anak yang ikut serta adalah dr. Reza Chandra Abdilla.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Junior Bulan Februari 2020

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Februari 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2020 tahap junior diikuti oleh 10 PPDS tahap junior dan dievaluasi oleh dr. Sri Martuti, Sp.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Madya Bulan Februari 2020

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Februari 2020 tahap Madya yang dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2020 diikuti oleh 20 PPDS tahap Madya dan 1 PPDS sedang cuti. Evaluasi dilakukan oleh dr. Sri Martuti, Sp.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Senior Bulan Februari 2020

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS.

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT) Februari 2020

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 1-2 Februari 2020 bertempat di Universitas Airlangga, Surabaya. Peserta ujian terbagi menjadi 2 gelombang.
Terdiri dari 12 Universitas antara lain:
1. USU (Universitas Sumatera Utara) Medan
2. UNSRI (Universitas Sriwijaya) Palembang
3. UNPAD (Universitas Padjajaran) Bandung
4. UI (Universitas Indonesia) Jakarta
5. UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang
6. UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo
7. UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta

OSCE TAHAP PPDS IKA JANUARI 2020

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Rabu, 15 Januari 2020 melangsungkan ujian OSCE Tahap. OSCE Tahap dilaksanakan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 sampai pukul 14.00 siang dan diikuti sekitar 22 PPDS yang terdiri dari 19 orang PPDS Tahap Madya dan 13 orang PPDS Tahap Junior. Untuk PPDS yang sedang cuti tidak ikut yaitu ada 1 orang. Kegiatan OSCE sendiri terdiri dari 13 Sub Divisi dan beberapa Staf Pengajar yang ikut mengawasi jalannya kegiatan OSCE tersebut.

Evaluasi Pelaksanaan OSCE PPDS Tahun 2019

Prodi Ilmu Kesehatan Anak telah melaksanakan Evaluasi OSCE tahun 2019. Untuk menunjang sistem pembelajaran yang baik maka diadakan Rapat Pendidikan yang bertujuan untuk evaluasi dalam pelaksanaan OSCE.
Hasil Evaluasi sebagai berikut :
1. Secara keseluruhan nilai OSCE semakin baik dengan peningkatan tahap PPDS. Mendekati ujian akhir nilai OSCE semakin baik.
2. Nilai OSCE akan digunakan sebagai syarat kenaikan Tahap.

MCQ NASIONAL JANUARI 2020

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Kamis tanggal 2 Januari 2020 mengikuti ujian MCQ Nasional Bulan Januari 2020. Ujian diikuti oleh 55 PPDS yang terdiri dari 13 PPDS tahap Junior, 18 PPDS Tahap Madya dan 24 PPDS Tahap Senior. Terdapat 4 PPDS yang sedang stase di RS Mitra (RS Rembang, RS Blora dan RS Cepu) ikut juga melaksanakan ujian dalam waktu yang bersamaan dan jawabannya dikirimkan lewat email dan 1 PPDS yang sedang cuti melahirkan. MCQ Nasional dilaksanakan 4 kali setiap tahun yaitu Bulan Januari, Maret, Juli dan Oktober.

EN LOKAL PPDS IKA DESEMBER 2019

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal yang diadakan pada tanggal 16 - 17 Desember 2019. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 4 PPDS yaitu :
1. Delfia Rahmat Gozali, dr
2. Lilik Indra, dr
3. Anindita Wulandari, dr
4. Noor Anggrainy, dr
Setelah ini dilanjutkan dengan ujian EN LOKAL OSCE yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2019 yang juga sebagai latihan untuk PPDS tahap Senior untuk mempersiapkan ujian selanjutnya yaitu :

Menyiapkan Kesehatan Anak di Musim Penghujan & Masa Liburan

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Secangkir Kopi Hangat" yang diadakan pada hari Selasa, 10 Desember 2019 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Menyiapkan Kesehatan Anak di Musim Penghujan & Masa Liburan. Narasumber adalah dr. Husnia Auliyatul Umma, Sp.A, M. Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Infeksi dan Penyakit Tropis.

Kunjungan Kerjasama dari Institute of Tropical Medicine Antwerp

Kunjungan Kerjasama yang diadakan pada hari ini Jumat, 29 November 2019 bekerja sama dengan Institute of Tropical Medicine Antwerp. Kunjungan Kerjasama mendatangkan Jan Kennis, PhD yang merupakan doktoral ilmu Biologi dari Institute of Tropical Medicine Antwerp, Belgia. Tujuan diadakannya kunjungan ini adalah dari Institute of Tropical Medicine Antwerp menawarkan kerjasama untuk berbagi informasi khusunya penyakit infeksi tropis melalui platform yang mereka kembangkan sendiri yaitu wikitropica@itg.be.

Pages