Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

Evaluasi 3 Bulan Tahap Senior November 2019

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS.

Pengajian Rutin Prodi IKA

Kegiatan Penunjang pendidikan seperti ekstra kulikuler yang diadakan oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak juga ikut serta mendukung proses pendidikan seperti salah satunya yaitu pengajian rutin. Pengajian rutin diadakan setiap sebulan sekali di Ruang Diskusi I. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 6 November 2019 bersama Ust. Mas'ud Izzul Mujadid dengan tema "Meneladani Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari" kegiatan juga diikuti oleh PPDS dan Staf pengajar.

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT) November 2019

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 2-3 November 2019 bertempat di Malang. Peserta ujian sebanyak 83 orang PPDS yang terbagi menjadi 2 gelombang.
Terdiri dari 12 Universitas antara lain:
1. USU (Universitas Sumatera Utara) Medan
2. UNSRI (Universitas Sriwijaya) Palembang
3. UNPAD (Universitas Padjajaran) Bandung
4. UI (Universitas Indonesia) Jakarta
5. UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang
6. UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo
7. UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta

Kuliah Tamu

Kuliah tamu yang diadakan pada hari kamis, 31 Oktober 2019 bekerja sama dengan PICU Emma Children's Hospital / Amsterdam University Hospital. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak, Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak beserta dokter muda (coas).

Pemilihan Chief PPDS Oktober 2019

Pada hari kamis kemarin tanggal 17 Oktober 2019 diadakan pemilihan Chief PPDS dengan masa kepengurusan selama 6 bulan kedepan. Pemilihan dilakukan oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dengan hasil pemilihan sebagai berikut :
Chief of The Chief (COTC) : dr. Pridania Vidya A.
Chief of Academic (COA ) : dr. Dewinda Candrarukmi
Chief of Non Academic (CONA) : dr. Debby Andina L

MCQ NASIONAL OKTOBER 2019

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Rabu tanggal 2 Oktober 2019 mengikuti ujian MCQ Nasional Bulan Oktober 2019. Ujian diikuti oleh 51 PPDS yang terdiri dari 6 PPDS tahap Junior, 22 PPDS Tahap Madya dan 17 PPDS Tahap Senior. Terdapat 4 PPDS yang sedang stase di RS Mitra (RS Rembang, RS Blora dan RS Cepu) dan 2 PPDS yang sedang cuti melahirkan ikut juga melaksanakan ujian dalam waktu yang bersamaan dan jawabannya dikirimkan lewat email. MCQ Nasional dilaksanakan 4 kali setiap tahun yaitu Bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

Workshop CAPD Pada Anak

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema " Workshop CAPD Pada Anak" yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Agustina Wulandari, Sp.A, M.Kes. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak dan Perawat Bangsal anak Melati 2, Perawat Flamboyan 9, Perawat HCU Anak, Perawat Picu, Perawat HCU Neonatus, dan Perawat Nicu.

EN LOKAL TAHAP 1 PPDS IKA SEPTEMBER 2019

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal Tahap 1 yang diadakan pada tanggal 18 September 2019. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 1 PPDS yaitu :
1. Delfia Rahmat Gozali, dr
2. Rizka Dewi Paramitha, dr
Setelah ini dilanjutkan dengan ujian EN LOKAL OSCE yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2019 yang juga sebagai latihan untuk PPDS tahap Senior untuk mempersiapkan ujian selanjutnya yaitu :
1. Delfia Rahmat Gozali, dr

Comprehensive Management of Pediatric Patient With Hemophilia

Kuliah tamu yang diadakan pada Kamis - Jumat, 19 - 20 September 2019 yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak, Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak beserta dokter muda (coas). Kuliah tamu dengan tema Comprehensive Management of Pediatric Patient With Hemophilia. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Parang Kusumo, RSUD Dr. Moewardi dan Ruang Diskusi I Anggrek 4 Sekretariat Anak.

Pengajian Rutin Prodi IKA

Kegiatan Penunjang pendidikan seperti ekstra kulikuler yang diadakan oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak juga ikut serta mendukung proses pendidikan seperti salah satunya yaitu pengajian rutin. Pengajian rutin diadakan setiap sebulan sekali di Ruang Diskusi I. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 18 September 2019 bersama Ust. Mas'ud Izzul Mujadid, kegiatan juga diikuti oleh PPDS dan Staf pengajar.

Makanan Pendamping Asi Pada Bayi

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Secangkir Kopi Hangat" yang diadakan pada hari Selasa, 17 September 2019 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Makanan Pendamping Asi Pada Bayi. Narasumber adalah dr. Sandi Nugraha, Sp.A yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak.

Workshop Kurikulum "Analisis Kualitatif Pemberian antibiotik pada Kasus Infeksi Anak"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema " Analisis Kualitatif Pemberian antibiotik pada Kasus Infeksi Anak" yang dilaksanakan pada tanggal 12 September 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Husnia Auliyatul Umma, Sp.A, M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Penyakit Infeksi Tropik Anak. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Workshop Kurikulum "Management Shock Guiding dengan USCOM"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema "Management Shock Guiding dengan USCOM" yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Sri Martuti, Sp.A(K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Emergensy dan Rawat Inap Anak. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Workshop Kurikulum "Imunisasi"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema "Imunisasi" yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Hari Wahyu Nugroho, Sp.A(K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi tumbuh kembang Anak. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Peserta Penampilan Yel-Yel Terbaik III

Dalam kegiatan Pra Pendidikan Program Pendidikan Dokter Spesialis I (PPDS I) yang diselenggarakan oleh Bagian Pendidikan dan Penelitian RSUD Dr. Moewardi yang diadakan pada tanggal 26 Agustus - 6 September 2019 bertempat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS ikut serta sebagai peserta dan menjadi Peserta Penampilan Yel-yel terbaik III antara lain : dr. Rezi Ervanda Zilmi, dr. Fatimah Mayasyari dan dr. Hanum Ferdian.

Alergi Gluten pada Anak karena Autoimun (Penyakit Celiac)

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Secangkir Kopi Hangat" yang diadakan pada hari Rabu, 4 September 2019 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Alergi Gluten pada Anak karena Autoimun (Penyakit Celiac). Narasumber adalah dr. Diah Lintang Kawuryan, Sp.A, M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Alergi Imunologi Anak.

The 6th Indonesian Sepsis Forum

The 6th Indonesian Sepsis Forum yang diadakan di Sunan Hotel, 23 - 25 Agustus 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Penyakit Tropik dan Infeksi Indonesia (PETRI). Kegiatan terdiri dari Workshop dan Symposium. Peserta Workshop dan Symposium terdiri dari Spesialis, Dokter umum, Mahasiswa Kedokteran dan Paramedis.

Workshop Kurikulum "Tranfusi"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop Kurikulum dengan tema "Tranfusi" yang dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2019 di Ruang Diskusi I Prodi Ilmu Kesehatan Anak. Pembicara workshop adalah dr. Muhammad Riza, Sp.A(K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Hematologi Onkologi Anak. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Pages