Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

EN LOKAL TAHAP 1 PPDS IKA JUNI 2019

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal Tahap 1 yang diadakan pada tanggal 17 - 20 Juni 2019. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 1 PPDS yaitu :
1. Febry Dwi Indrawati, dr
2. Cempaka Kesumaningtyas, dr
3. Tatag Nurhidayat, dr
4. Galih Herlambang, dr
5. Lucky Yogasatria, dr
6. Rekno Widati, dr
7. Ahimsa Yoga, dr

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT) Mei 2019

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 3-4 Mei 2019 bertempat di Jakarta. Peserta ujian sebanyak 70 orang PPDS. Terjadwal untuk hari pertama dilaksanakan ujian OSCE dengan 8 soal yang terdiri dari 4 soal prosedur dan 4 soal response. Hari kedua dilanjutkan dengan ujian Long Case dengan penguji sebanyak 3 orang. Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS mengirimkan 1 kandidat peserta ujian ENT yaitu dr. David Anggara Putra yang dinyatakan lulus.

OSCE Tahap Pengayaan

Tanggal 29 April 2019 diadakan OSCE Tahap Pengayaan yang diikuti oleh 6 orang PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak yang masih dalam tahap pengayaan. OSCE dilaksanakan 4 station dengan waktu per station selama 5 menit yang didampingi oleh 6 staff pengajar. Setelah selesai diadakan feedback oleh staf pengajar.

3RD INDONESIAN PEDIATRIC NUTRITION AND METABOLIC UPDATE (NUTRIMET)

3RD Indonesian Pediatric Nutrition and Metabolic Update (NUTRIMET) 2019 yang diadakan pada tanggal 27 - 28 April 2019 yang bertempat di Solo Paragon Hotel, Solo dengan tema " All about Controversies in Nutrition and Metabolic". NUTRIMET yang diadakan selama 2 hari dengan agenda sebagai berikut :
Day 1 : - Good Feeding Practice to Promote Normal Growth
- Diagnosis Pathway for Neurometabolic in IEM 2019
- Complimentary Feeding
Day 2 : - How to Detect and Manage Growth Deceleration

Best Poster in The 2nd ASIAN PEDIATRIC MECHANICAL VENTILATION FORUM (APMVF) 2019

The 2nd ASIAN PEDIATRIC MECHANICAL VENTILATION FORUM (APMVF) 2019 yang diadakan di Sunan Hotel, 21 - 24 Maret 2019. Kegiatan yang terdiri dari Pre Congress Workshop yang diadakan pada tanggal 21- 22 Maret 2019. Salah satu PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak dr. RR Dewi Sitoresmi memenangkan Best Poster dengan judul Fluid overload and prolonged mechanical ventilation in children admitted to Pediatric Intensive Care Unit Dr. Moewardi General Hospital .

MCQ Nasional April 2019

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Kamis tanggal 4 April 2019 mengikuti ujian MCQ Nasional Bulan April 2019. Ujian diikuti oleh 52 PPDS yang terdiri dari 8 PPDS tahap Junior, 14 PPDS Tahap Madya dan 27 PPDS Tahap Senior. Terdapat 3 PPDS yang sedang stase di RS Mitra (RS Rembang, RS Blora dan RS Cepu) ikut juga melaksanakan ujian dalam waktu yang bersamaan dan jawabannya dikirimkan lewat email. MCQ Nasional dilaksanakan 4 kali setiap tahun yaitu Bulan Januari, April, Juli dan Oktober

Pemilihan Chief PPDS 2019

Pada hari kamis kemarin tanggal 28 Maret 2019 diadakan pemilihan Chief PPDS dengan masa kepengurusan selama 6 bulan kedepan. Pemilihan dilakukan oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dengan hasil pemilihan sebagai berikut :
Chief of The Chief (COTC) : dr. Pridania Vidya A.
Chief of Academic (COA ) : dr. Pitra Sekar Handini
Chief of Non Academic (CONA) : dr. Guntur Grafiyanto

The 2nd ASIAN PEDIATRIC MECHANICAL VENTILATION FORUM (APMVF) 2019

The 2nd ASIAN PEDIATRIC MECHANICAL VENTILATION FORUM (APMVF) 2019 yang diadakan di Sunan Hotel, 21 - 24 Maret 2019. Kegiatan yang terdiri dari Pre Congress Workshop yang diadakan pada tanggal 21- 22 Maret 2019 dan Pre Congress Workshop for Nurse yang diadakan pada tanggal 21 Maret 2019. Selain itu juga acara meliputi :
Day 1 : Debate, Plenary dan Symposium
Day 2 : Panel Discussion, Debate, Plenary, Symposium, Lunch Symposium dan oral & Poster presentation.

EN LOKAL PPDS IKA

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal yang diadakan pada tanggal 14 Maret dan 18 Maret 2019. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain OSCE Lokal yang diadakan pada tanggal 14 Maret 2019 dan Ujian Long Case EN Lokal yang diadakan pada tanggal 18 Maret 2019. Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 1 PPDS yaitu dr. David Anggara Putra. Selesai proses ujian, langsung diadakan pengumuman beserta yudisium kelulusan yang menyatakan lulus EN Lokal Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Pelatihan Resusitasi Neonatus 2019

Pelatihan yang diadakan pada tanggal 22-24 Februari 2019 bertempat di Hotel Sunan, Jl. Ahmad Yani No. 40, Surakarta, Jawa Tengah adalah pelatihan yang diadakan oleh Divisi Neonatologi, Ilmu Kesehatan Anak FK UNS/ RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Materi Pelatihan antara lain :
1. Pengantar Program
2. Persiapan dan alur resusitasi
3. Langkah awal resusitasi
4. Ventilasi tekanan positif
5. Ventilasi tekanan positif dan kompresi dada
6. Intubasi endotrakeal
7. Obat-obatan
8. Stabilisasi dan transportasi
9. Megacode

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT)

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 2-3 Februari 2019 bertempat di Solo, Jawa Tengah. Sebagai tuan rumah pelaksanaan ENT adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Peserta ujian sebanyak 50 orang PPDS dan 5 Retaker dengan jumlah Penguji OSCE ada 7 orang dan jumlah Penguji Long Case ada 25 orang. Prodi Ilmu Kesehatan Anak mengirimkan 2 kandidat peserta ujian ENT yaitu dr. Dian Arini dan dr. Adam Sultansah Hardigaluh yang keduanya dinyatakan lulus.

HUT RSUD Dr. Moewardi ke 69

Hari Ulang Tahun (HUT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Solo telah mencapai ke 69 tahun pada 1 Januari 2019. Acara perayaan HUT RSUD dihadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain direktur-direktur 7 rumah sakit di Jawa Tengah, pensiunan Civitas RSUD Dr. Moewardi, kejaksaan, perbankan, BPJS, rekanan, keluarga Moewardi yang namanya dipakai sebagai nama rumah sakit, dan lainnya. Rangkaian acara yang diadakan dalam perayaan ulang tahun antara lain jalan sehat, diadakan pula lomba fotografi, pembagian doorprize, dll.

Kuliah Tamu : Support for Strengthening Medical Treatment Ability of The Childhood Cancer in Developing Countries

Kuliah tamu yang diadakan pada hari ini, 15 Januari 2019 bekerja sama dengan National Center for Child Health and Development, Tokyo, Japan. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak, Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak beserta dokter muda (coas). Kuliah tamu dengan tema Support for Strengthening Medical Treatment Ability of The Childhood Cancer in Developing Countries.

OSCE TAHAP PPDS IKA

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Senin, 7 Januari 2019 melangsungkan ujian OSCE Tahap. OSCE Tahap dilaksanakan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 sampai pukul 14.00 siang dan diikuti sekitar 51 PPDS yang terdiri dari 23 orang PPDS Tahap Senior, 16 orang PPDS Tahap Madya, dan 12 orang PPDS Tahap Junior. Untuk PPDS yang sedang stase di RS Mitra tidak ikut yaitu ada sekitar 3 orang. Kegiatan OSCE sendiri terdiri dari 13 Sub Divisi dan beberapa Staf Pengajar yang ikut mengawasi jalannya kegiatan OSCE tersebut.

MCQ NASIONAL 2019

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini selasa (9 Januari 2019) mengikuti ujian MCQ Nasional 2019. Ujian diikuti oleh 52 PPDS yang terdiri dari 12 PPDS tahap Junior, 16 PPDS Tahap Madya dan 25 PPDS Tahap Senior. Terdapat 3 PPDS yang sedang stase di RS Mitra ikut juga melaksanakan ujian dalam waktu yang bersamaan dan jawabannya dikirimkan lewat email. MCQ Nasional dilaksanakan 4 kali setiap tahun yaitu Bulan Januari, April, Juli dan Oktober

MATERI SIMPOSIUM PKB VIII IKA SOLO 2018

PKB IKA VIII Solo 2018 telah selesai diselenggarakan pada tanggal 10-11 Februari 2018. Sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih kami, berikut terlampir materi simposium yang dapat diunduh oleh kalangan medis agar dapat digunakan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk anak Indonesia. Sampai jumpa di PKB IKA IX Solo tahun depan.

Pages