Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

Autisme Pada Anak

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asuh Asih" yang diadakan pada hari Kamis, 15 April 2021 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Autisme Pada Anak. Narasumber adalah dr. Hari Wahyu Nugroho, Sp.A(K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Tumbuh Kembang dan Pediatrik Sosial.

Rapat Penyusunan Kurikulum Program Studi Ilmu Kesehatan Anak Tahun 2021

Rapat Penyusunan Kurikulum Program Studi Tahun 2021 diadakan pada tanggal 5-9 April 2021 di Gedung FK UNS.

Latar belakang disusunnya Kurikulum Program Studi Tahun 2021
karena :
1. Kurikulum Program Studi Tahun 2021 disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Dokter Spesialis Anak, Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia tahun 2018
2. Perlu adanya perubahan kurikulum setiap satu tahun sekali.
3. Adanya perubahan pada kode mata kuliah di kurikulum tahun 2021
4. Adanya Workshop Kurikulum FK UNS untuk menyeragamkan dengan format dari UNS.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Madya Maret 2021

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Maret 2021 tahap Madya yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021 diikuti oleh 19 orang PPDS tahap Senior. Evaluasi PPDS dilakukan oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Senior Maret 2021

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Maret 2021 tahap Senior yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2021 diikuti oleh 22 orang PPDS tahap Senior. Evaluasi PPDS dilakukan oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Junior Bulan Maret 2021

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Maret 2021 tahap Junior yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2021 diikuti oleh 10 orang PPDS tahap Senior. Evaluasi PPDS dilakukan oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

EN LOKAL PPDS IKA FEBRUARI 2021

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal Tahap I yang diadakan pada tanggal 2-4 Februari 2021. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 6 PPDS yaitu :
1. Prima Evita J, dr
2. Labiqatullubabah A, dr
3. Fitriani Ikhsaniatun, dr
4. Gita Soraya D, dr
5. Susilowati, dr
6. Dhimas Naufal I, dr

MCQ NASIONAL JANUARI 2021

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Rabu tanggal 20 Januri 2021 mengikuti ujian MCQ Nasional Bulan Januari 2020.
Ujian diikuti oleh 4 PPDS Tahap Senior yang merupakan kandidat Ujian Evaluasi Nasional (ENT) antara lain :
1. dr. Prima Evita J
2. dr. Labiqatullubabah A
3. dr. Fitriani Ikhsaniatun
4. dr. Susilowati
5. dr. Gita Soraya D
6. dr. Dhimas Naufal

Partisipasi Staf Pengajar dan PPDS Ilmu Kesehatan Anak sebagai Tim Vaksinasi COVID-19 di RSUD Dr. Moewardi

RSUD dr. Moewardi pada hari ini tanggal 14 Januari 2021 melaksanakan penyuntikan vaksin Sinovak tahap pertama. Hal ini sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap Pemerintah untuk menekan angka penularan COVID-19 terutama di lingkungan rumah sakit. Penyuntikan perdana hari ini diikuti oleh tenaga kesehatan yang sudah terdaftar melalui pedulilindungi.id dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan pembatasan jumlah peserta, pengecekan suhu badan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Workshop "Nutrisi pada Gagal Jantung : Case Study Nutrisi pada Gagal Jantung"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop "Nutrisi pada Gagal Jantung : Case Study Nutrisi pada Gagal Jantung" yang dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2020 via daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Pembicara workshop adalah dr. Sandi Nugraha, Sp. A, M. Biomed yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Workshop "Pemeriksaan Neurologis Anak"

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan Workshop "Pemeriksaan Neurologis Anak" yang dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2020 via daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Pembicara workshop adalah dr. Sri Martuti, Sp. A(K), M. Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi ERIA (Emergensi dan Rawat Intensif Anak) dan dr. Fadhilah Tia Nur, Sp.A(K), M. Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Neurologi. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Bagaimana Membagi Waktu antara Kehidupan Residen, Mendidik Anak dan Keluarga

Prodi Ilmu Kesehatan Anak menyelenggarakan sharing bersama dengan tema "Bagaimana Membagi Waktu antara Kehidupan Residen, Mendidik Anak dan Keluarga" yang dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2020 via daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Pembicara workshop adalah dr. Mesty Ariotedjo, Sp. A yang merupakan dokter spesialis anak dan alumi Prodi Spesialis Anak FK UI. Workshop diikuti oleh PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Pages