Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT)

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 2-3 Februari 2019 bertempat di Solo, Jawa Tengah. Sebagai tuan rumah pelaksanaan ENT adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Peserta ujian sebanyak 50 orang PPDS dan 5 Retaker dengan jumlah Penguji OSCE ada 7 orang dan jumlah Penguji Long Case ada 25 orang. Prodi Ilmu Kesehatan Anak mengirimkan 2 kandidat peserta ujian ENT yaitu dr. Dian Arini dan dr. Adam Sultansah Hardigaluh yang keduanya dinyatakan lulus.

HUT RSUD Dr. Moewardi ke 69

Hari Ulang Tahun (HUT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Solo telah mencapai ke 69 tahun pada 1 Januari 2019. Acara perayaan HUT RSUD dihadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain direktur-direktur 7 rumah sakit di Jawa Tengah, pensiunan Civitas RSUD Dr. Moewardi, kejaksaan, perbankan, BPJS, rekanan, keluarga Moewardi yang namanya dipakai sebagai nama rumah sakit, dan lainnya. Rangkaian acara yang diadakan dalam perayaan ulang tahun antara lain jalan sehat, diadakan pula lomba fotografi, pembagian doorprize, dll.

Kuliah Tamu : Support for Strengthening Medical Treatment Ability of The Childhood Cancer in Developing Countries

Kuliah tamu yang diadakan pada hari ini, 15 Januari 2019 bekerja sama dengan National Center for Child Health and Development, Tokyo, Japan. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak, Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak beserta dokter muda (coas). Kuliah tamu dengan tema Support for Strengthening Medical Treatment Ability of The Childhood Cancer in Developing Countries.

OSCE TAHAP PPDS IKA

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Senin, 7 Januari 2019 melangsungkan ujian OSCE Tahap. OSCE Tahap dilaksanakan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 sampai pukul 14.00 siang dan diikuti sekitar 51 PPDS yang terdiri dari 23 orang PPDS Tahap Senior, 16 orang PPDS Tahap Madya, dan 12 orang PPDS Tahap Junior. Untuk PPDS yang sedang stase di RS Mitra tidak ikut yaitu ada sekitar 3 orang. Kegiatan OSCE sendiri terdiri dari 13 Sub Divisi dan beberapa Staf Pengajar yang ikut mengawasi jalannya kegiatan OSCE tersebut.

MCQ NASIONAL 2019

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini selasa (9 Januari 2019) mengikuti ujian MCQ Nasional 2019. Ujian diikuti oleh 52 PPDS yang terdiri dari 12 PPDS tahap Junior, 16 PPDS Tahap Madya dan 25 PPDS Tahap Senior. Terdapat 3 PPDS yang sedang stase di RS Mitra ikut juga melaksanakan ujian dalam waktu yang bersamaan dan jawabannya dikirimkan lewat email. MCQ Nasional dilaksanakan 4 kali setiap tahun yaitu Bulan Januari, April, Juli dan Oktober

MATERI SIMPOSIUM PKB VIII IKA SOLO 2018

PKB IKA VIII Solo 2018 telah selesai diselenggarakan pada tanggal 10-11 Februari 2018. Sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih kami, berikut terlampir materi simposium yang dapat diunduh oleh kalangan medis agar dapat digunakan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk anak Indonesia. Sampai jumpa di PKB IKA IX Solo tahun depan.

Halal Bi Halal IDAI Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Acara Halal Bi Halal keluarga besar IDAI Jawa tengah dan DI Yogyakarta diselenggarakan pada tanggal 15-16 Juli 2017 di Hotel Swiss-Bellin Saripetojo Solo. Selain acara silaturahmi dan acara Ilmiah mengenai "Soy formula as an alternative choice in treatment of cow milk protein allergy", rangkaian kegiatan menarik lainnya telah disusun oleh panitia untuk memeriahkan acara. Para peserta Halal Bi Halal diajak menyaksikan tari "Asmaradana" sebagai tari pembuka, kemudian lomba tari Maumere yang dimenangkan oleh IDAI Cabang DIY.

Car Free Day: Berbagi Ilmu demi Masa Depan Anak

 

IPDSA FK UNS/ RSDM memahami bahwa pelayanan kepada pasien tidak hanya bisa dilakukan secara kuratif, seperti yang sehari-hari dilakukan di rumah sakit, tetapi juga seharusnya dilaksanakan dalam bentuk preventif. Edukasi memiliki peran sangat penting untuk menunjang usaha perbaikan kesehatan anak, khususnya di kota Solo. Untuk memenuhi tujuan tersebut sekaligus sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, kami merancang suatu kegiatan yang diberi nama Car Free Day (CFD).

Pelepasan Spesialis Anak Baru dan Penyambutan PPDS Ilmu Kesehatan Anak Baru

Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak FK UNS secara rutin mengadakan acara lepas sambut bagi spesialis anak baru dan PPDS baru di lingkungan IPDSA FK UNS. Kegiatan ini paling baru diadakan pada akhir tahun 2016 bertempat di Ballroom Swiss-Belinn Hotel. Acara ini dikemas semenarik mungkin tanpa meninggalkan rasa kekeluargaan yang tinggi. Acara ini terdiri dari acara seremonial, hiburan dan makan malam.

  

Catatan Perjalanan PIT VIII Makassar 2016

Kota yang pada waktu saya masih duduk di bangku sekolah dikenal dengan Ujungpandang dan sekaligus menjadi ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini adalah salah satu kota besar di Indonesia. Kota yang menjadi salah satu pusat perdagangan di Indonesia Timur ini memang memiliki sejarah yang cukup panjang. Keindahan alam dan keragaman budaya juga menjadi daya tarik wisata di bumi anging mammiri ini.

Kegiatan Kesenian dan Olahraga

Kegiatan kesenian dan keolahragaan merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler di Bagian Ilmu Kesehatan Anak (IKA) FK UNS-RS Dr. Moewardi. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan utama rekreasi dan beberapa bentuk kegiatan kesenian yang dapat ditampilkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan internal maupun eksternal bagian IKA. Kegiatan kesenian saat ini antara lain paduan suara dan tari saman. Sedangkan kegiatan keolahragaan saat ini adalah bulu tangkis.

Kegiatan Ruang Bermain Maya Ananta

Maya Ananta diambil dari Bahasa Sansekerta yang mempunyai arti mimpi tanpa batas. Ruang bermain ini diresmikan pada Bulan November 2013 oleh Ibu Atiqah Ganjar Pranowo. Sebelum diresmikan, ruangan ini dahulunya berfungsi ganda sebagai tempat bermain dan sebagai bangsal darurat. Namun saat ini fungsi sebagai bangsal darurat sudah dihilangkan. Banyak fasilitas yang ditambahkan untuk menciptakan ruangan bermain yang nyaman di Maya Ananta seperti misalnya alat bermain, buku cerita bergambar anak, alat tulis, sistem audiovisual, pendingin ruangan, dan sofa.

Pages