Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

Evaluasi Nasional Terpusat (ENT) Juni 2020

Evaluasi Nasional Terpadu (ENT) Kolegium Ilmu Kesehatan Anak yang diselenggarakan pada tanggal 27 - 28 Juni 2020 bertempat di Universitas masing-masing menggunakan media zoom (secara online). Peserta ujian terbagi menjadi 2 gelombang.
Terdiri dari 12 Universitas antara lain:
1. UNAND (Universitas Andalas) Padang
2. UNSRI (Universitas Sriwijaya) Palembang
3. UNPAD (Universitas Padjajaran) Bandung
4. UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo
5. UNIBRAW (Universitas Brawijaya) Malang
6. UNUD (Universitas Udayana) Bali

Pemberian Makan yang Benar pada Anak

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asuh Asih" yang diadakan pada hari Kamis, 26 Juni 2020 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Pemberian Makan yang Benar pada Anak. Narasumber adalah dr. Sandi Nugraha, Sp.A, M. Biomed yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik.

Kuliah Tamu : Perawakan Pendek (Sudut Pandang Endokrin/Hormonal)

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Rabu, 13 Mei 2020 Pembicara oleh dr. Novina Andriana, SpA(K),MKes (Endokrin Anak FK Univ Padjadjaran/RS Hasan Sadikin Bandung) dengan tema Perawakan Pendek (Sudut Pandang Endokrin/Hormonal). Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak. Sebagai host dr. Annang Giri Moelyo, Sp. A(k), M. Kes. Dikarenakan adanya pandemi Covid 19 maka kuliah tamu dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom.

Kuliah Tamu : Diabetic ketoacidosis in children (Malaysia experiences)

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Rabu, 6 Mei 2020 Pembicara oleh DR. azriyanti bt. anuar zaini,MPAED,MBBS dengan tema Diabetic ketoacidosis in children (Malaysia experiences) University Malaya Medical Centre. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak. Sebagai host dr. Annang Giri Moelyo, Sp. A(k), M. Kes. Dikarenakan adanya pandemi Covid 19 maka kuliah tamu dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom.

Tetap Setia Melayani Anak-Anak Indonesia

Di masa pandemi covid-19 saat ini, PPDS I Ilmu Kesehatan Anak beserta konsulen tetap melakukan pelayanan di RSUD Dr.Moewardi Surakarta. Pelayanan di poliklinik anak RSUD Dr. Moewardi tetap berjalan dengan menerapkan aspek physical distancing.  Kami tetap setia melayani anak-anak Indonesia di masa wabah ini demi menjaga kesehatan anak Indonesia.

MCQ NASIONAL APRIL 2020

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Seni  tanggal 27 April 2020 mengikuti ujian MCQ Nasional Bulan April 2020. Ujian diikuti oleh 2 PPDS Tahap Senior yang merupakan kandidat Ujian Evaluasi Nasional (ENT) yaitu dr. Lubna dan  dr. Nunki. Dikarenakan adanya pandemi Covid 19 maka ujian MCQ Nasional dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom dan tetep jaga jarak dengan social distancing dan physical distancing dan menggunakan masker selama ujian berlangsung. MCQ Nasional dilaksanakan 4 kali setiap tahun yaitu Bulan Januari, Maret, Juli dan Oktober.

Imunisasi pada Anak saat Pandemi Covid-19

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asih Asuh" yang diadakan pada hari Kamis, 9 April 2020 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Imunisasi pada Anak saat Pandemi Covid-19. Narasumber adalah dr. Hari Wahyu Nugroho, Sp.A(K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Tumbuh Kembang dan Pediatrik Sosial.

Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Penyakit Infeksi

RSUD Dr. Moewardi memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dalam kegiatan live streaming "Moewardi Asah Asih Asuh" yang diadakan pada hari Kamis, 26 Maret 2020 di Gedung Wijaya Kusuma lantai 3 dengan topik Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Penyakit Infeksi. Narasumber adalah dr. Husnia Auliyatul Umma, Sp.A, M.Kes yang merupakan dokter spesialis anak dan staf pengajar sub divisi Infeksi dan Penyakit Tropis.

EN LOKAL PPDS IKA MARET 2020

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal Tahap I yang diadakan pada tanggal 12 Maret 2020. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 2 PPDS yaitu :
1. Masayu Lubna Anniazi, dr
2. Nunki Andria, dr

UNS Peduli Bencana

Dalam Rangka melaksanakan tugas dalam UNS Peduli Bencana Tahap III pada tanggal 25 Januari - 3 Februari 2020 di Bogor. Tim yang berasal dari UNS terdiri dari beberapa orang antara lain berasal dari PPDS, Bakorlak SAR UNS dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS. Salah satu PPDS Ilmu Kesehatan Anak yang ikut serta adalah dr. Reza Chandra Abdilla.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Junior Bulan Februari 2020

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan Februari 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2020 tahap junior diikuti oleh 10 PPDS tahap junior dan dievaluasi oleh dr. Sri Martuti, Sp.

Pages