Informasi Kegiatan

Informasi dan Artikel terbaru seputar kesehatan dan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak - Fakultas Kedokteran - Universitas Sebelas Maret Surakarta

OSCE PENGAYAAN NOVEMBER 2021

Tanggal 15 November 2021 diadakan OSCE Tahap Pengayaan yang diikuti oleh 8 orang PPDS Prodi Ilmu Kesehatan Anak yang masih dalam tahap pengayaan. OSCE dilaksanakan 6 station dengan waktu per station selama 5 menit yang didampingi oleh 4 staff pengajar. Setelah selesai diadakan feedback oleh staf pengajar.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Junior Bulan November 2021

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan November 2021 tahap Junior yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2021 diikuti oleh 8 orang PPDS tahap Junior. Evaluasi PPDS dilakukan oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Madya November 2021

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan November 2021 tahap Madya yang dilaksanakan pada tanggal 9 November 2021 diikuti oleh 20 orang PPDS tahap Madya. Evaluasi PPDS dilakukan oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

Evaluasi 3 Bulan Tahap Senior November 2021

Evaluasi PPDS yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali yaitu pada bulan Februari, bulan Mei, bulan Agustus dan Bulan November. Setiap 3 bulan sekali, pengelola Program Studi Ilmu kesehatan anak melakukan evaluasi dan monitoring terkait akademik yang meliputi tugas modul dan non modul PPDS Prodi Ilmu kesehatan anak yang bertujuan untuk mengetahui progress akademik PPDS. Evaluasi PPDS bulan November 2021 tahap Senior yang dilaksanakan pada tanggal 4 November 2021 diikuti oleh 26 orang PPDS tahap Senior. Evaluasi PPDS dilakukan oleh dr. Annang Giri Moelyo, Sp.

Fetal Growth Restriction : Pathophysiology and Impact

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 Pembicara oleh Prof. Atul Malhotra, PhD dengan tema Fetal Growth Restriction : Pathophysiology and Impact, kolaborasi dengan Prodi Obstetri dan Ginekologi FK UNS. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak juga beberapa PPDS Ilmu Kesehatan Anak dari beberapa Universitas di Indonesia. Sebagai pembicara dr. Dwi Hidayah, Sp. A(K), M. Kes dengan tema Melatonin as Adjuvant Theraphy for Preterm Infans with Sepsis dan dr. Andhika Trisna P, Sp. A, M.

EN LOKAL PPDS IKA OKTOBER 2021

Program Studi Ilmu Kesehatan Anak telah menyelenggarakan ujian EN Lokal Tahap I yang diadakan pada tanggal 18-19 Oktober 2021. Rangkaian ujian yg dilakukan antara lain presentasi kasus di Ilmiah.
Peserta ujian EN Lokal terdiri dari 2 PPDS yaitu :
1. Syahmi Amar, dr
2. Dinar Handayani A.H, dr
3. Theresia Umboh, dr

Comprehensive Management of Hemophilia

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Rabu, 27 November 2021 dengan topik Comprehensive Management of Hemophilia. Pembicara oleh Evelin P. Mauser-Bunschoten, MD, PhD dengan tema Adolescent in Hemophilia, sedangkan pembicara dari Prodi Ilmu Kesehatan Anak yaitu dr. Irfan Dzakir Nugroho, Sp. A, M. Biomed dengan tema FAQ Hemophilia. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak juga beberapa PPDS Ilmu Kesehatan Anak dari beberapa Universitas di Indonesia. Sebagai Moderator dr. Muhammad Riza, Sp. A(K), M.Kes.

MCQ NASIONAL OKTOBER 2021

PPDS I Ilmu Kesehatan Anak pada hari ini Kamis tanggal 21 Oktober 2021 mengikuti ujian MCQ Nasional Bulan Oktober 20201
Ujian diikuti oleh 4 PPDS Tahap Senior yang merupakan kandidat Ujian Evaluasi Nasional (ENT) antara lain :
1. dr. Syahmi Amar
2. dr. Dinar Handayani A.H
3. dr. Theresia Umboh

PPDS IKA Latihan USG

Latihan USG dengan pasien post operasi stenosis duodenum, tadi USG IVC dan belajar echocardiografi. Kegiatan dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2021. Kegiatan dilakukan di PICU dengan dr. Sri Martuti, Sp. A (K), M. Kes

Reducing Stillbirth : The Benefit Versus Harm of Detecting Fetal Growth Restriction

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 Pembicara oleh Dr. Roshan Selvaratnam dengan tema Reducing Stillbirth : The Benefit Versus Harm of Detecting Fetal Growth Restriction, kolaborasi dengan Prodi Obstetri dan Ginekologi FK UNS. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak juga beberapa PPDS Ilmu Kesehatan Anak dari beberapa Universitas di Indonesia. Sebagai host dr. Eric Edwin Yuliantara, Sp. OG(K), KFM. Dikarenakan adanya pandemi Covid 19 maka kuliah tamu dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom.

Type 2 Diabetes Mellitus in Children

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Jumat, 24 September 2021 Pembicara oleh Prof. Tatsuhiko Urakami, MD, PhD dengan tema Type 2 Diabetes Mellitus in Children. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak juga beberapa PPDS Ilmu Kesehatan Anak dari beberapa Universitas di Indonesia. Sebagai host dr. Annang Giri Moelyo, Sp. A(K), M.Kes. Dikarenakan adanya pandemi Covid 19 maka kuliah tamu dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan Endoskopi Staf IKA FK UNS

Kegiatan endoskopi yang dilakukan sejak bulan September 2021, merupakan salah satu pembelajaran divisi Gastroenterologi/Hepatologi yang dilakukan oleh Staf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak FK UNS, yaitu dr. Evi Rokhayati, Sp. A(K), M. Kes didampingi oleh dr. Rekno Widati, Sp. A. Kegiatan juga diikuti oleh PPDS Ilmu Kesehatan Anak.

Kuliah Tamu : Pemilihan Kelasi Besi

Kuliah tamu yang diadakan pada hari Kamis, 16 September 2021 Pembicara oleh DR. dr. Teny Tjitra Sari, Sp.A(K), MPH dengan tema Pemilihan Kelasi Besi. Kuliah tamu yang diikuti oleh PPDS dan Staf pengajar Ilmu Kesehatan Anak Dikarenakan adanya pandemi Covid 19 maka kuliah tamu dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom.

Audit Mutu Internal (AMI) Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS 2021

Telah dilaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK UNS 2021 yang merupakan agenda rutin tahunan oleh Tim Penjaminan Mutu FK UNS yang bertujuan untuk mempersiapkan dan memonitoring serta mengevaluasi kelengkapan data-data dan dokumen pendukung akreditasi setiap Prodi. Tahun ini AMI Prodi Ilmu Kesehatan Anak dilaksanakan pada tanggal 15 September 2021 di Anggrek 4 Prodi Ilmu Kesehatan Anak.

Pages