Catatan Perjalanan PIT VIII Makassar 2016

Kota yang pada waktu saya masih duduk di bangku sekolah dikenal dengan Ujungpandang dan sekaligus menjadi ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini adalah salah satu kota besar di Indonesia. Kota yang menjadi salah satu pusat perdagangan di Indonesia Timur ini memang memiliki sejarah yang cukup panjang. Keindahan alam dan keragaman budaya juga menjadi daya tarik wisata di bumi anging mammiri ini.

Pada bulan september lalu, kami berangkat ke kota Makasar untuk melakukan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ilmu Kesehatan Anak. Pertemuan Ilmiah Tahunan Ilmu Kesehatan Anak (PIT IKA) merupakan pertemuan ilmiah berskala nasional. Panitia Penyelenggara PIT IKA VIII ialah IDAI Cabang Sulawesi Selatan dengan tema utama "Improving Professional Competence for Pediatric Best Practice". Acara ini diadakan pada tanggal 17-21 September 2016. Kami bergabung dengan dokter & dokter anak seluruh Indonesia dalam acara PIT IKA VIII di Makassar untuk mempresentasikan penelitian ilmiah maupun kasus yang dianggap menarik sesuai dengan divisi yang telah ditentukan.

Venue utama acara ini adalah di Grand Clarion Hotel & Convention, sedangkan untuk Acara Pembukaan (Opening Ceremony) diadakan di Four Points by Sheraton. Pada PIT VIII IKA Makassar 2016, sistem pengiriman dan presentasi poster dalam bentuk Poster Elektronik (e-Poster). Presentasi e-poster dilakukan di ruangan e-Poster dengan waktu yang ditentukan. Presentasi e-poster dipimpin oleh seorang moderator dan dinilai oleh tim juri yang ditunjuk oleh UKK terkait dan Panitia. Penyaji e-Poster menggunakan display touchscreen (tidak seperti presentasi makalah bebas oral). Penyaji e-poster tidak perlu menyiapkan materi presentasi dalam bentuk Power Point dan sejenisnya, maupun mencetak posternya secara manual di atas kertas poster, karena panitia tidak menyediakan area khusus penempelan poster secara manual di Venue seperti pada kegiatan-kegiatan ilmiah sebelumnya. Selain dipresentasikan dalam sesi ilmiah Simposium Makalah Bebas, e-poster juga dapat dinikmati seluruh peserta PIT di area khusus (e-Poster Viewing Area) dalam bentuk digital. Pada PIT IKA VIII disediakan penghargaan untuk 3 e-Poster terbaik. PPDS IKA UNS menjadi juara pertama presentasi poster baik, yang diraih oleh dr. Heru Setiawan.

Kategori Berita: