Rasio Neutrofil Limfosit untuk Membedakan Meningitis Bakterial dan Viral pada Anak

Body: 

Sari Pediatri, Vol. 23, No. 4, Desember 2021

Rasio Neutrofil Limfosit untuk Membedakan Meningitis Bakterial dan Viral pada Anak

Ismi Ratnasari, Fadhilah Tia Nur, Muhammad Riza

Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret/RSUD Dr. Moewardi, Surakarta

Latar belakang. Meningitis bakterial merupakan penyakit infeksi yang berat pada meningen (selaput otak) yang menimbulkan mortalitas dan morbiditas yang tinggi di dunia. Gejala dan tanda kinis tidak dapat digunakan untuk membedakan antara meningitis bakterial dan miningitis viral. Apabila pemeriksaan cairan serebrospinal tidak memungkinkan untuk dilakukan, pemeriksaan marker inflamasi serum dapat dilakukan untuk menunjang diagnosis dari meningitis. Rasio neutrofil limfosit (NLR) adalah parameter sederhana yang dapat digunakan untuk membedakan meningitis bakterial dan viral.

Tujuan. Membedakan nilai NLR antara meningitis bakterial dan meningitis viral pada anak.

Metode. Penelitian potong lintang dengan pendekatan uji diagnostik. Data didapatkan dari rekam medis pasien dengan meningitis usia 1 bulan - 18 tahun yang dirawat di RSUD Dr. Moewardi Januari 2017 - Desember 2020. Data dianalisis menggunakan uji independent t test dan uji Mann Whitney, tingkat kemaknaan hasil uji ditentukan berdasarkan nilai p<0,05.

Hasil. Dari 36 rekam medis, meningitis bakterial dan viral paling banyak terjadi pada usia 1 bulan – 5 tahun. Dari data karakteristik tidak didapatkan perbedaan yang bermakna. Terdapat perbedaan bermakna NLR pada pasien meningitis bakterial dan viral tanpa disertai infeksi di luar sistem saraf pusat (p=0,014). Nilai cut off NLR untuk meningitis bakterial adalah >2,31 dengan sensitivitas 81,8%, spesifisitas 71,4%.

Kesimpulan. Rasio neutrofil limfosit dapat digunakan untuk membedakan meningitis bakterial dan viral dengan nilai cut off untuk meningitis bakterial adalah >2,31. Sari Pediatri 2021;23(4):222-7

Kata kunci: meningitis bakterial, meningitis viral, rasio neutrofil limfosit, anak

Alamat korespondensi: Ismi Ratnasari. Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret/RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Gedung Anggrek Lantai 4, Jl. Kolonel Sutarto No.132, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Email: ismicp1988@gmail.com